Penanggulangan Kawasan Rawan Banjir

Manna, 03 Agustus 2020

Kawasan permukiman adalah bagian dari lingkungan hidup di luar kawasan lindung, baik berupa kawasan perkotaan maupun perdesaan yang berfungsi sebagai lingkungan tempat tinggal atau lingkungan hunian dan tempat kegiatan yang mendukung perikehidupan dan penghidupan (UU No. 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman). Setiap kawasan fungsional dalam kota yang dikembangkan, akan membutuhkan kawasan permukiman untuk mengakomodasi pertumbuhan penduduk yang terus meningkat.

Sebagai antisipasi menyikapi prediksi hujan dengan intensitas lebat dan adanya laporan warga setempat di Jalan RT. 03, Kelurahan Gunung Ayu, Kecamatan kota Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, bahwa di lingkungan perumahan warga sering terjadi banjir disaat turunnya hujan.

Warga setempat mengemukakan kalau ketika hujan turun, lingkungan perumahan mereka terjadi genangan air yang lumayan tinggi. Berdasarkan Pantauan dan Fakta yang terjadi luapan genangan air dikarenakan : 1. Air Limpahan TidakĀ  dapat mengalir ke saluran Drainase. 2. Belum adanya sluran Drainase untuk mengalirkan air limpahan permukaan

Diskusi dengan warga mengenai penyebab genangai air

Oleh karena itu, supaya memperlancar aliran air diperlukan pembangunan dan perbaikan saluran Drainase serta diperlukan pembangunan Plat Duicker untuk mengalirkan air ke saluran drainase yang sudah ada.

drainase yang Sudah ada dan perlu diperbaiki
Berdasarkan Fakta dan Analisis yang telah dilakukan dengan datang langsung ke Lokasi/Tempat Kawasan Terjadinya Banjir/Luapan Air, maka kami dari Pihak Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Menyarankan adanya pembahasan anggaran APBD 2020 untuk dapat dialokasikan sehingga masalah Banjir di RT 03 Kelurahan Gunung Ayu Kec. Kota Manna dapat ditanggulangi secepatnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *